Jumat, 28 Desember 2012

JURUS JITU MENEMPUH UAS


Teman,tidak terasa kan Ujian Akhir Semester sudah di depan mata. buat yang angkatan 2010, tidak menyangka yah semester 2 udah mau berakhir. itu artinya kita harus mempersiapkan amunisi nih untuk menyongsong UAS. pasti kalian mau kan kalau nilai-nilai uas itu bagus ? apalagi kita tahu kalau bobot nilai uas itu paling besar daripada bobot nilai-nilai yang lainnya. Nah, bagi temen-temen yang juga sedang dirundung UAS atau ujian lainnya. saya mau berbagi tips nih, mudah-mudahkan bisa jadi jurus terjitu ya buat amunisi uas...ok? cek it out
a. Bikin catatan kecil
Eits, bukan untuk nyontek loh ya, tapi untuk membantu kita mengingat materi daripada hanya sekedar menghafal. Menurut diana pribadi sih, diana lebih terbantu ketika mengingat apa-apa yang telah diana tulis sebelumnya. `Oia, saya tadi kan nulis bla-bla-bla`. Selain itu, catatan kecil tersebut sangat berguna untuk membantu kita untuk mereview kembali ingatan kita sebelum ujian dimulai. Oia jika kamu orangnya visual, bisa kamu tambahkan gambar loh. It’s must be interesting
b. Bikin mind-mapping
Istilahnya keren yak? Bukan cuma istilahnya, implementasinya juga tak kalah keren. Mind-mapping ini membantu kita lebih mengerti alur materi yang sedang kita pelajari. Menurut berbagai sumber, ternyata setelah bikin mind-mapping dengan sukses, kita bisa memahami materi dengan lebih baik. Bahkan tidak mungkin bila kita menghafalnya dengan mudah karena kita menganggap materi tersebut sebuah dongeng atau cerita pendek dengan alurnya yang khas.
c. Cari referensi soal
Biasanya soal-soal tahun lalu bisa dijadikan referensi pembelajaran. Bukan tidak mungkin jika soalnya ternyata sama persis dengan soal yang diberikan tahun lalu. Paling tidak, dengan referensi soal tahun lalu, kita bisa mendapatkan gambaran tentang bagaimana sih kisaran soal yang akan diberikan. diana mengakui bahwa referensi soal tersebut sangat membantu lho dalam memprediksi bahan yang akan keluar beserta strategi yang akan dilakukan untuk menghadapi soal dengan tipe demikian. so, ayo berlomba-lomba cari refernsi soal ya teman. bila perlu buat bank soal dari tahun-tahun sebelumnya.
d. Buatlah kelompok belajar
Hal ini sangat berguna bagi kamu yang bertipe auditorial. Maksudnya? Di kelompok belajar ini, kamu bisa belajar dengan mendengarkan penjelasan ulang dari temen kamu. Di kelompok belajar ini, kamu juga bisa seru-seruan bareng dengan temen-temen kamu, asal tidak kebablasan saja. Kebiasaan ini pernah saya lakukan waktu saya menghadapi UAN. hasilnya? woow sungguh sangat menakjubkan teman. kelompok beljarku mampu menguasai semua buku yang kita punya lho? sampai halaman dan bagiannya kita hafal. Tentunya ini sangat membantu pemahaman saya terhadap materi.Tips saya untuk satu ini, pilihlah kelompok belajar yang benar-benar belajar materi yang diujikan. Karena pernah nih, saya punya pengalaman malah tidak jadi belajar karena seru-seruan sendiri tadi.
e. Belajarlah dengan `kondusif`
Kebiasaan saya masih belum hilang sejak dulu, saya bisa belajar dengan lebih baik ketika ada alunan musik yang diputar saat saya sedang belajar. Ya, bisa dibilang saya merupakan tipe orang musikal. Entah kenapa hal tersebut, saya bisa memahami materi dengan lebih baik. dan sebaliknya kalau saya belajar dikesunyian malah ujung-ujungnya tidur. so? sekarang bagaimanakah kekondusifan belajar teman-teman ?Find it and love it!
f. Konsumsi asupan bergizi
Kesehatan itu penting, setuju? Bukan mentang-mentang atas nama UAS, jadwal makan kita jadi tidak teratur dan asupannya juga jadi kurang. Menunya ya tetep, 4 sehat lima sempurna. Biasanya yang dilupain itu buah ama susu. Maklum kita kan anak kos y? so bagaimana donk menjaga asupan makan kita teman sebagai anak kos? kalau saya selalu dinasehati mama dan pacar tercinta, kalau makan itu harus teratur dan sayur itu jangan sampai ditinggalin. plus dibarengin sama buah ya?buah dalam bentuk jus juga tak masalah.untuk susu mungkin tidak perlu setiap hari kalau memang uang saku kita tidak mencukupi. So, sayangi tubuh dan kesehatan kita ya teman.
g. Kurangi bergadang
Menurut penelitian, tidur malam itu tidak baik untuk kesehatan tubuh. Kenapa? Karena pada larut malam terjadi detoksinasi tubuh, yang mana terjadi penyaringan racun-racun yang ada dalam tubuh. Dan menurut peneliti, sebaiknya kita berada dalam aktivitas terendah atau istirahat, bukannya malah bergadang atas nama UAS. Hm, mungkin sulit, tapi kita bisa bangun pada dini harinya untuk melanjutkan belajar kita. kalau diana sendiri sih memang tidak biasa bergadang, karena setiap kali bergadang langsung paginya pusing teman.
h. Banyak doa dan minta restu orang tua
Diana sendiri sudah terbiasa untuk meminta restu orang tua saat saya ingin menjalani suatu ujian. Diana meminta doa semoga dikuatkan pikiran, diberikan kesehatan, dihindarkan dari kemalasan, kemudahan menyerap materi yang diujikan, dsb. Ya itu doa standar, orang tuamu pasti memiliki doa yang lebih dahsyat. Belum terbiasa? Biasakanlah, kenapa? Karena katanya doa orang tua untuk anaknya itu frekuensi dikabulkan itu lebih besar daripada hanya doa kita sendiri.
i. Perbanyak ibadah dan sedekah
Lah ini apa hubungannya? beribadah dengan khusyu’ nanti kamu bisa mendapatkan ketenangan jiwa. Setelah itu kita bisa mendekatkan diri dengan Yang Maha Kuasa. Dengan kedekatan itu, berdoalah dengan baik dan sungguh-sungguh agara doa kita dikabulkan. Oia, bukan berarti pas ujian doang ibadahnya. Hehe Makanya itu diana bilang judul poin ini `perbanyak` bukan cuma `banyak`. Percaya atau tidak, sedekah itu bisa melancarkan doa kita. Sedekah itu bukannya malah menghabiskan rezeki kita, akan tetapi bersedekah itu mengubah rezeki kita berupa uang atau barang menjadi bentuk rezeki yang lain seperti kesehatan dan kemudahan menghafal. Rezeki yang disedekahkan tak perlu muluk-muluk dan juga tidak terlalu sedikit. Nilai sedekah yang penting di sini yakni istiqamah atau kerutinan kamu bersedekah serta keihklasan kamu. kalian tahu kan keajaiban sedekah? seperti di bukunya Ustad Yusuf Mansyur “The Miracle of Giving”.
Huh, ada lagi yang mau menambahkan taman? Ayo teman-teman, sudah siapkah kamu UAS? Semangaaat!
One more thing…^_*

Tidak ada komentar: